Inilah 4 Panduan Singkat Membangun Link Building

link building

Mencari backlink adalah sebuah hal yang wajib dilakukan dalam membangun link building untuk meningkatkan performa SEO website. Beberapa dari pemula mungkin hanya menganggap proses tersebut hanya sekadar commenting di website atau forum, tapi ternyata banyak yang harus diperhatikan dalam membangun link building. Berikut 4 hal yang biasa dilakukan oleh para jasa SEO profesional :

1. Link building harus dilakukan pada website dofollow

Karakteristik link ada dua macam : dofollow dan nofollow. Keduanya terbedakan dari sifat keaktifan link nya. Karakteristik yang dicari untuk link building adalah yang dofollow, dimana website yang kita letakkan link ke website kita ‘mengakui’ link tersebut. ‘Pengakuan’ website tersebut akan membuat Google pun mengakui  link tersebut.

Sementara website yang memiliki pengaturan link nofollow, sebanyak apapun link yang kita letakkan tidak akan akui oleh website tersebut, dan pengaruhnya tidak akan diakui juga oleh Google, hasilnya link tersebut cuma jadi link biasa, tidak berguna untuk membangun jaringan website anda.

Jadi sebelum meninggalkan link, pastikan website atau forum tempat anda berencana meletakkan link tersebut memiliki pengaturan link dofollow, atau link anda akan menjadi sia-sia belaka.

2. Link building dapat maksimal apabila dilakukan diwebsite yang ber-PageRank tinggi

Google sangat menghormati website yang memiliki Pagerank tinggi, sebuah link dofollow menuju website anda yang berada didalam website tersebut akan berpengaruh besar pada website anda. Semakin besar Pagerank nya, maka semakin besar dampak positif nya.

Jadi silahkan cari cara gimana supaya bisa mendapatkan link dofollow menuju website anda dari website ber-Pagerank tinggi.

3. Link building sebaiknya dilakukan diwebsite yang relevan

Selain melihat Pagerank nya, Google juga melihat apakah link yang berada dalam suatu website relevan dengan website tersebut. Jika dicurigai tidak relevan, maka Google akan mengganggap link tersebut spam, dan akan ada dampak negatif pada website anda. Berhati – hatilah.

4. Menyesuaikan banyaknya link yang ke homepage dan yang kepostingan

Jika semua backlink yang anda dapatkan mengarah ke homepage, maka hanya homepage yang akan naik di mata Google. Untuk website baru, hal ini tidak jadi masalah, untuk awal yang penting Google tahu keberadaan website anda terlebih dahulu. Tapi saat website anda makin berkembang, usahakan berikan juga backlink yang mengarah ke postingan lainnya diwebsite anda, karena dengan demikian bukan cuma homepage anda yang muncul di Google, tapi postingan anda yang lain juga.

(Baca Juga : Apa itu Link Building dan kenapa itu penting? )

Membangun link building memang gampang-gampang susah, tapi sesuai dengan hasilnya. Sedikit usaha menaikkan SEO website anda di Google, hasilnya akan banyak pengunjung akan memenuhi website anda. Jika 4 panduan diatas masih membingungkan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *